Tingkatkan Kualitas SDM, Rumkit Bhayangkara Adakan Pelatihan Teknik Dasar Kedokteran Kepolisian

by

PALANGKA RAYA – Rumah Sakit (Rumkit) Bhayangkara Tingkat III Palangka Raya Polda Kalteng melalui Bidang Urusan Pendidikan Penelitian (Urdiklit) dan Urusan Pelayanan Kedokteran Kepolisian  (Uryandokpol) mengadakan Pelatihan Internal yang bertajuk Teknik Dasar Kedokteran Kepolisian (Dokpol).

Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 5 sampai dengan 6 Juni 2024 tersebut disampaikan oleh pamateri internal yang juga selaku Agen Perubahan Rumkit Bhayangkara diantaranya Kepala Instalasi Rawat Jalan Iptu dr. William Bahagia dan Perwira Administrasi Urusan Pelayanan Keperawatan (Pamin Uryanwat) Ipda Datu Bernad, A.Md.Kep.

Dalam kegiatan tersebut, Kepala Urusan Pendidikan dan Penelitian (Kaurdiklit) Rumkit Bhayangkara Penda Tk I Rusmawarti, S.Sos mewakili Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Bhayangkara Kompol dr. Anton Sudarto menyampaikan bahwa adapun materi-materi yang diberikan pada pelatihan ini meliputi cara pengambilan sampel DNA, kesiagapan jika terjadi bencana, penyelidikan dan penyidikan kepolisian, food safety hingga kemampuan identifikasi korban.

“Kemampuan dari Kedokteran Kepolisian dalam pelaksanaan tugas-tugas operasional dan pelayanan kesehatan sangatlah penting. Maka dari, tujuan pelatihan ini adalah untuk melatih dan meningkatkan kemampuan personel,” tuturnya.

Lanjut, Rusma juga menambahkan bahwa kegiatan ini untuk mengoptimalisasi peran Kedokteran Kepolisian Rumkit Bhayangkara yang mana telah berkontribusi secara aktif membantu proses pengungkapan kasus di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

“Fungsi Kedokteran Kepolisian Rumkit Bhayangkara tidak hanya mendukung kesehatan saja, melainkan membantu dalam proses pengungkapan kasus”, tutupnya. (Har/Sam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *