Buka Rakernis Fungsi Humas dan Propam 2024, Kapolda Kalteng Tekankan Kualitas Pelayanan dan Komunikasi Publik, serta penguatan pengawasan personil dan kawal masyarakat pencari keadilan

by

Palangka Raya – Polda Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) fungsi Hubungan Masyarakat (Humas) dan fungsi Profesi Pengamanan (Propam) tahun 2024, bertempat di Aula Arya Dharma, Mapolda setempat, Kamis (4/7/2024) pagi.

Dalam rakernis yang mengangkat tema ‘Pemantapan Polri yang Presisi Siap Mendukung Stabilitas Kamtibmas yang Kondusif dalam Proses Demokrasi guna Percepatan Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan’ tersebut, dibuka langsung oleh Kapolda Kalteng Irjen Pol Drs. Djoko Poerwanto.

Hadir dalam kegiatan, Wakapolda Kalteng Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono, S.IK.,  M.Si. , sejumlah pejabat utama, serta turut diikuti para Kasihumas, Kasipropam dan Bhabinkamtibmas Polres jajaran Polda Kalteng.

Dalam sambutannya, Kapolda Kalteng mengatakan, agar pelaksana fungsi tugas Humas dan Propam selalu meningkatkan kualitas pelayanan publik, memantapkan komunikasi publik dan  pengawasan internal dan kawal  masyarakat yang  meminta keadilan dan kepastian hukum.

“Tugas Humas yang objektif, dipercaya dan partisipasi, serta Propam sebagai garda terdepan menjaga citra polri sekaligus menjadi benteng terakhir pencari keadilan, diharapkan mampu meningkatkan publik trust dengan tujuan dapat memberikan kemanfaatan dengan kehadiran Polri ditengah masyarakat,” ungkap Djoko.

Lebih lanjut, Djoko menekankan kepada seluruh pengemban fungsi Humas dan Propam di jajaran Polda Kalteng agar dapat menjaga citra Polri terhadap penyajian informasi faktual melalui sistem komunikasi dua arah kepada masyarakat.

“Berikan kesan yang bagus kepada masyarakat karena keterbukaan informasi itu sangat penting dalam komunikasi, khususnya dalam mengantisipasi pemberitaan yang tidak benar atau hoax dan postruth sebagai bentuk pelayanan kepada publik,” ucapnya.

Diakhir kesempatan, Orang nomer satu di jajaran Polda Kalteng tersebut juga berpesan, kepada seluruh peserta Rakernis agar dapat selalu membangun kepercayaan Publik, sekaligus jangan pernah terlibat dengan peredaran gelap narkoba maupun judi online.

Sementara itu, ditempat yang sama Kabidhumas Kombes Pol Erlan Munaji, S.IK., M.Si. menambahkan, dalam rekernis kali ini usai pembukaan kegiatan akan dilanjutkan dengan pemberian materi oleh para narasumber dari masing-masing fungsi.

“Untuk fungsi Humas sendiri, materi dalam Rakernis ini akan disampaikan oleh ke empat (4) narasumber yaitu, dari Novita Chandra Wijaya, selaku Praktisi Komunikasi, Agus Triantoni selaku Ketua Komisi Informasi Publik (KIP) Prov. Kalteng, dan H. Zaenal selaku Ketua PWI Prov. Kalteng, serta Handra Daras selaku pimpinan CV Ayas Studio,”  dan untuk fungsi propam pemberian materi dari pembina fungsi internal bid propam tutup Kabidhumas. (adji/sam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *