Jelang Pilkada, Polsek Tewang Sangalang Garing dan Pulau Malan Imbau Warga Tidak Mudah Terpancing Isu Sara

by

Polres Katingan- Ps Kanit Binmas Polsek Tewang Sangalang Garing dan Pulau Malan, Polres Katingan, Polda Kalteng, Bripka Bobi Armando  sambang Warga Kelurahan Pendahara, Kecamatan Tewang Sangalang Garing, Kabupaten Katingan, Kamis (4/7/2024) pagi.

Pada kesempatan tersebut Ps. Kanit Binmas mengimbau masyarakat dalam menghadapi pilkada (pemilihan kepala daerah) gubernur dan bupati tahun 2024 agar tidak mudah terpancing atas isu-isu berbau Suku, Agama dan Ras (Sara).

Dipaparkan Kapolres Katingan AKBP I Gede Putu Widyana, S.H., S.I.K., M.H., melalui Kapolsek Tewang Sangalang Garing dan Pulau Malan, Ipda Didik Suhardianto, S.H. bahwa untuk menciptakan suasana pesta demokrasi yang aman dan damai pihaknya melakukan mitigasi dan sosialisasi ke masyarakat.

“Agar adanya isu-isu sensitif menjelang pilkada dapat ditekan sejak dini”, terang Kapolsek.

Menurutnya, isu SARA menjadi isu yang paling mudah dipakai untuk konsolidasi politik terutama menjelang pilkada seperti sekarang.

“Isu sara sangat berbahaya dan dampaknya panjang serta bisa memicu konflik dan memecah belah masyarakat”, ujarnya.

Kapolsek mengimbau kepada warga apabila ada isu SARA maka harus segera dihentikan dan diluruskan.

“Jangan sampai isu itu muncul dan menjadi besar”, tambahnya.

Ia mengatakan untuk mengantisipasi isu SARA pihaknya mengajak agar setiap orang saling mengingatkan.

“Masyarakat juga kami minta agar lebih memahami makna toleransi yang sesungguhnya agar tidak muncul gesekan antarsesama”, pungkasnya. (ptsg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *